Contoh Kertas Kerja Audit – Penetapan Kriteria Audt

Indeks

B. 3

Lembaga Audit Pemerintah

TIM AUDIT KERJA

BADAN KEBIJAKAN FISKAL

Kertas Kerja Audit

Auditee            : Badan Kebijakan Fiskal

Tahun Buku    : 2010 dan 2011

Dibuat Oleh     : ABC

Direview Oleh : DEF

PENETAPAN KRITERIA AUDIT

Tujuan

Menetapkan kriteria audit.

Langkah-langkah

  1. Nilai ketetapan karakteristik kriteria audit.
  2. Tentukan sumber kriteria audit.
  3. Kembangkan kriteria audit.
  4. Komunikasikan kriteria dengan auditee.

Hasil

1.       Menetapkan Ketetapan Karakteristik Kriteria Audit

Tim audit merumuskan kriteria pemeriksaan dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. standar kinerja yang sewajarnya;
  2. bukan standar terendah atau standar tertinggi yang dapat dicapai;
  3. mencerminkan praktek yang baik. 

2.       Sumber Kriteria Audit

Untuk merumuskan kriteria yang baik, tim audit mempelajari berbagai macam peraturan, dan kebijakan pemerintah dan pendapat para ahli dan standar yang terkait dengan tujuan audit yang ingi dicapai. Namun karena paraturan yang terkait belum berhasil ditemukan terkait tujuan audit maka sumber kriteria audit didasarkan pada narasumber atau pihak yang mendapatkan sosialisasi kebijakan dan dari pihak intern.

3.       Mengembangkan Kriteria Audit

Tujuan Audit Tetap (FAO 1)

Apakah BKF memiliki bagian yang memadai dalam organisaasi untuk menghasilkan kebijakan di bidang pendapatan negara, bidang ekonomi makro, pengelolaan risiko fiskal, dan kerja sama keuangan internasional?

 

Kriteria dijabarkan sebagai berikut.

  1. Menetapkan struktur yang memadai dalam organisasi untuk menghasilkan kebijakan di bidang pendapatan negara, bidang ekonomi makro, pengelolaan risiko fiskal, dan kerja sama keuangan internasional.
  • Adanya bagian khusus yang menjalankn masing-masing fungsi tersebut.
  • Adanya pembagian dan pemisahan tugas yang jelas.
  • Adanya pejabat yang memiliki keahlian dan ketrampilan dalam menjalankan tugas pada masiing-masing bidang.

Tujuan Audit Tetap (FAO 2)

Apakah setiap bagian dari organisasi BKF menjalankan tugasnya secara efektif sesuai masing-masing bidang?

Kriteria dijabarkan sebagai berikut.

  1. Melaksanakan tugas secara efektif sesuai tugas masing-masing bidang
  • Adanya dukungan biaya
  • Adanya target atau standar yang dipenuhi untuk setiap kebijakan yang dihasilkan.
  • Adanya komunikasi yang baik antar BKF dan pihak luar yang menggunakan kebijakan yang dihasilkan.
  • Adanya penilaian keefektifan BKF dalam mengkomunikasikan kebijakan pada masing-masing pihak ekstern.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s